Picasa 3.9

Google, siapa yang tidak mengenalnya. Sebuah search engine paling populer di Internet ini memiliki banyak produk yang sangat menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah produk pengolah dan penampil gambar yang bernama Picasa. Saat program penampil gambar seperti Windows Image Viewer atau ACD See dan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop Album, Adobe Bridge, Adobe Photoshop Lightroom, digiKam, Aperture dan iPhoto sangat populer, Picasa menawarkan inovasi baru. Inovasi Picasa menggabungkan antara pengolah dan penampil gambar dalam satu paket software. Kelebihan inilah yang kiranya tidak dimiliki oleh software pada umumnya.
Picasa merupakan aplikasi desktop yang dapat berjalan di banyak sistem operasi seperti Windows XP, Vista, 7, dan Mac OS. Versi terbaru yang dirilis  oleh Picasa adalah Picasa versi 3.9. Picasa 3.9 memang belum bisa dijalankan di sistem operasi Linux. Namun, Picasa versi 3.0 masih bisa dijalankan dengan baik di Linux. Selain itu, Google telah memiliki produk lain bernama Wine yang khusus dijalankan di Linux dan memiliki fungsi mirip Picasa. Berikut ini merupakan keunggulan dan fitur yang dimiliki oleh Picasa.
  • Picasa merupakan software gratis yang bisa didownload dan digunakan siapapun. Ukurannya 14,6 MB,  sehingga tergolong ringan untuk di download dan dijalankan.
  • Picasa merupakan software penampil foto yang memiliki tampilan sangat bagus. Gambar akan secara otomatis ditampilkan secara full screen dan sangat menarik
  • Picasa mampu mengorganisasi gambar dan foto di tempat manapun di dalam disk komputer Anda. Dengan cara ini, Anda akan sangat mudah mengatur dan mencari lokasi Anda menyimpan gambar di dalam harddisk. Anda dapat memindahkan file langsung dari program ini. Dengan memindahkan gambar dari satu folder ke dalam picasa, sebenarnya secara fisik akan berpindah dari folder ke folder  pada komputer Anda.
  • Picasa mampu mengenali dan mengelompokkan wajah manusia pada setiap foto. Dengan fitur ini, Anda dapat mengelompokkan foto orang-orang tertentu dengan mudah. Fitur Race Recognition ini bisa dipakai dengan memberi nama pada wajah orang tersebut sehingga nantinya secara otomatis, Picasa akan mencari dan mengelompokkan foto yang mirip dengan wajah yang diberi nama tadi.
  • Picasa dilengkapi dengan fitur pembuat video baik dari sekumpulan foto maupun video. Fitur ini dapat diakses dengan memilih pada tab menu Buat >  Film. Kelebihan lain dari Picasa dalam membuat video ini adalah Picasa memiliki berbagai efek transisi yang tidak kalah dengan software pembuat video lainnnya seperti Camtasia. Dalam video tersebut, Anda juga dapat menambahkan teks atau bahkan menambahkan video lain untuk dijadikan satu dengan tampilan video yang telah Anda buat. Setelah selesai membuatnya, Anda bisa mengeksplorvideo yang Anda buat ke dalam bentuk file dengan ekstensi .AVI
  • Picasa memiliki fitur foto editor untuk mengedit foto dan gambar Anda dengan fitur di atas standar yang dimiliki oleh software serupa. Anda bisa memotong gambar, mengatur kontras, mengatur pencahayaan, dan mengatur komposisi warga.
  • Picasa memiliki fitur untuk mengambil gambar dan video langsung dari device yang berhubungan langsung dengan komputer, misalnya webcam. Tentunya fitur ini masih sangat jarang dijumpai pada software penampil dan pengolah gambar serupa.
  • Picasa memiliki fitur untuk membuat foto kolase, yaitu sebuah fitur yang membuat Anda dapat menciptakan kolase foto Anda sendiri dari beberapa foto yang Anda pilih. Dengan begitu, Anda bisa menampilkan berbagai foto yang Anda suka dalam dalam satu frame yang sangat artistik. Fitur-fitur ini dapat Anda akses dengan memilih Buat > Kolase foto pada tab menu Picasa komputer Anda.
  • Picasa memiliki fitur yang memungkinkan Anda secara langsung meng-upload gambar dan foto favorit Anda dalam Picasa Web atau Blogspot. Picasa juga memudahkan para pemilik blog untuk dapat membuat slide show foto dari software  Picasa mereka secara instan. Tentunya, fitur ini diperkuat dengan adanya jaringan produk Google yang luas.
  • Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah fitur Gift CD. Anda dapat membakar koleksi foto Anda ke CD dengan fasilitas built in slide show. Selain itu, fasilitas ini dapat digunakan untuk mengupload foto ke beberapa website blog terkenal.
Setiap produk Google tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga halnya dengan Picasa. Mungkin bagi orang awam, tampilan Picasa dianggap tidak user friendly dan sangat rumit. Banyak menggunakan simbol dan istilah yang untuk sebagian orang tidak paham. Selain itu, kemampuan mengekspor file yang hanya mendukung formar jpg mungkin  bagi sebagian user  dianggap menganggap.
Sumber : PC Media

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s