Memperbaiki Kualitas Gambar Hasil Scan Dengan Photoshop

Saat kita melakukan scanning gambar atau dokumen, sudah hampir dapat dipastikan kualitas gambar digitalnya masih jelek dan masih ada warna biru-birunya gitu, ya kan..?? ngaku nggak…?? AYOOO NGAKUUU…??. jika iya, dengan trik gampang photoshop berikut ini anda dapat memperbaiki kualitas gambar anda sehingga lebih layak pakai. caranya..? ikuti langkah berikut :

Memperbaiki Kualitas Gambar Hasil Scan Dengan Photoshop

1. sebagai contoh kita akan mengedit file gambar partitur hasil scan berikut ini. dan ini penampakan gambar sebelum diperbaiki.

memperbaiki scan image

2. selanjutnya buka file gambar anda menggunakan photoshop. dengan cara klik kanan file gambar kemudian pilih open with > adobe photoshop

memperbaiki scan image

3. sekarang kita buang dulu bagian sisi gambar, biasanya gambar hasil scan bagian sisi-sisinya masih terdapat bayangan item-item gitu. untuk membuang bagian yang item-item ini pertama gunakan rectangual marquee tool anda bisa mengaktifkan tool ini dengan menekan tombol M keyboard anda.

memperbaiki scan image

4. selanjutnya buat selection pada area yang bersih dengan marquee tool.

memperbaiki scan image

5. selanjutnya tekan kombinasi tombol SHIFT + CTRL + I , langkah ini adalah cara cepat untuk membalikan selection (pilihan), sehingga sekarang selection anda jadi terbalik.

memperbaiki scan image

6. tekan tombol Delete keyboard anda, pada jendela konfirmasi yang muncul, klik menu dropdown Use dan pilih White , lalu klik OK.

memperbaiki scan image

7. sekarang sisi-sisi file image anda sudah putih dan bersih dari item-item, sekarang tinggal mempermak bagian tengahnya.

memperbaiki scan image

8. selanjutnya tekan kombinasi tombol CTRL + L keyboard anda, ini adalah shortcut untuk mengakses menu  Levels.

9. pada jendela levels yang muncul klik eydropper warna putih, lalu klik pada bagian gambar yang seharusnya berwana putih atau berwarna lebih terang. dalam contoh kasus kita bagian gambar yang seharusnya berwarna putih atau berwarna lebih terang adalah background dari partitur.

memperbaiki scan image

10. setelah anda melakukan langkah diatas, maka warna biru-biru pada partitur akan lenyap, sekarang klik eydropper warna hitam lalu klik pada bagian yang seharusnya berwarna hitam atau gelap. dalam contoh kasus kita bagian gambar yang seharusnya berwarna hitam atau berwarna lebih gelap adalah gambar partitiurnya, maka klik eydropper hitam lalu klik pada salah satu bagian partitur yang berwarna hitam.

memperbaiki scan image

11. klik tombol OK dan sekarang file scan image anda sudah jauh lebih baik. dan jika anda mau anda bisa mengulangi langkah ini pada bagian yang anda rasa perlu.

memperbaiki scan image

12. tahap terakhir adalah merapikan gambar, tekan tombol Z keyboard anda dan klik pada area gambar untuk memperbesar penglihatan gambar (zoom in). ketika gambar anda perbesar disana ternyata masih terdapat warna biru-biru yang tersisa.

memperbaiki scan image

13. akses eraser tool dengan menekan tombol E keyboard anda. lalu hapus bagian yang masih terdapat biru-birunya. jika anda merasa tools eraser terlalu kegedean, coba klik kanan pada area gambar lalu geser slide size ke kiri.

memperbaiki scan image

14. rapikan gambar anda, dan sebagai penutup tekan tombol CTRL + SHIFt + U (desarture)

15. langkah opsional anda bisa memainkan color balancednya (CTRL + B) dengan mengurangi itensitas warna biru.

memperbaiki scan image

yup, itu aja tutorial kita kali ini,

dikutip dari : http://eridesktop.com/memperbaiki-kualitas-gambar-hasil-scan-dengan-photoshop/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s