7 Kesalahan “Remeh” yang Sering Terjadi di Era Komunikasi

Semakin kita terhubung dengan teknologi, semakin kita sibuk. Untuk mereka yang menggunakan smartphone, di mana email, SMS, telepon, pesan instan, diterima setiap saat, tak luput dari kecerobohan. Ada saja pesan terlewat, email lupa di balas, dan sebagainya.

Apa saja kealpaan yang bisa terjadi di era komunikasi ini? Setidaknya ada 7 jenis kesalahan yang paling sering terjadi:

1. Lupa membalas email

Ini sering terjadi terutama pada email yang dianggap tidak terlalu urgent. Kita sedang terburu-buru atau sibuk, lalu ada email masuk. Kita berpikir akan meresponnya nanti saja. Tapi karena ada lagi email lain masuk, sehingga inbox penuh, dan akibatnya ada email yang lupa dibalas. Padahal bisa saja itu email penting.

2. Gagal merespon friend request/follback

Sistem notifikasi yang sibuk dari Facebook dan Twitter kadang membuat kita gagal merespon permintaan pertemanan atau follow back. Tahu-tahu ada pertanyaan “Kenapa friend request saya tidak di-approve?”. Sepintas sepele, tapi bisa fatal juga kalau tidak ada pengertian dari si teman. Apalagi kalau ternyata dia adalah rekan bisnis kita.

3. Menelepon balik tanpa mendengar/membaca pesan

Ada notifikasi “miss call” di ponsel, dan langsung menelepon balik. Padahal sudah ada pesan suara atau SMS dari orang yang sama. Komunikasi jadi berangkat dari nol, tidak efektif.

4. Tidak membalas SMS

Mungkin sering dianggap tidak terlalu fatal. Sebab orang yang benar-benar mengharap respon penting akan menelepon. Hanya kadang ada pengirim SMS yang sangat butuh balasan, dan tak punya pulsa cukup untuk menelepon.

5. Menghapus kontak teman

Kadang ada teman yang lama tidak berkomunikasi dengan kita, dan kita hapus dari daftar kontak. Padahal ada saatnya kita butuh meneleponnya atau saat dia menelepon kita, kita tak mengenali nomornya lagi.

6. Ketinggalan acara teman

Ada undangan penting dari teman melalui Facebook yang terlewat, akibat kita tak ada waktu untuk memeriksa update Facebook.  Sepele memang, tapi bisa mengganggu hubungan pertemanan.

7. Berhenti dari milis

Merasa terganggu dengan pesan dari milis yang diikuti, lalu berhenti berlangganan, tanpa sadar ada beberapa teman atau rekan bisnis yang menghubungi kita dari sana. Akibatnya kita hilang kontak atau ketinggalan update terbaru tentang mereka.

diambil dari :

http://ictwatch.com/internetsehat/2012/06/21/7-kecelakaan-remeh-yang-sering-terjadi-di-era-komunikasi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s