5 Social Media Privat

Tidak semua orang ingin lingkar pertemanannya di social media sedemikian terbuka. Ada yang melakukan setting private account, baik di Twitter maupun Facebook. Bisa jadi faktor keamanan, atau memang mereka hanya ingin membentuk lingkar sosial tertutup. Ada beberapa aplikasi social media yang memang bersifat privat. Ini cocok bagi Anda yang hanya ingin bersosialisasi dengan lingkar tertentu saja. Apa saja itu?

Berikut ada 5 social media privat yang bisa diikuti:

1. Diaspora

Ini merupakan software berbasis open source yang memungkan user menjadi host dan menjalankan jejaring sosialnya sendiri. Cara bergabungnya sangat simpel, selayaknya join ke social media mainstream yang membutuhkan registrasi username, password, dan email. User juga dapat terkoneksi ke social media lain seperti Twitter, Facebook, dan Tumblr ketika membutuhkan. Tampilan Diaspora mirip dengan Facebook. Di sini user juga dapat membentuk group seperti di Facebook.

2. Sgrouples

Kependekan dari Super Group, Sgrouples lebih dari sekadar social media biasa. Layanan ini menawarkan penyimpanan data cloud dan tool project manajemen yang sangat membantu sebuah kerja tim. Setiap member bisa berbagi file, foto, musik, dan sebagainya. User dapat membentuk banyak group sesuai keperluan, misalnya kelompok kerja, kelompok menekuni hobi, atau sekadar kelompok chat. Member juga punya level berbeda sesuai fungsi dan akses yang bisa diatur oleh pengelolanya.  Tiap member mendapat kapasitas 4GB untuk menyimpan data secara gratis.

3. Path

Social media ini hanya dibatasi hingga 150 teman saja. Alasannya, sebuah studi membuktikan bahwa otak manusia hanya mampu mengelola pertemanan dengan baik paling banyak ke 150 teman dalam sekali waktu . Lebih dari itu tidak terlalu baik. Path merupakan aplikasi mobile, bisa berjalan di iOS dan Android.

4. EveryMe

EveryMe adalah kombinasi dari Path dengan fitur Circles di Google+. Layanan ini berangkat dari ide bahwa orang sebaiknya hanya berbagi kisah hidup dengan teman baik dan keluarga saja, bukan orang asing berjumlah ratusan. Sama seperti Sgrouples, EveryMe tidak dilengkapi dengan profil mendetail tentang user. Memang tujuannya sekadar berbagi dengan teman yang sudah kita kenal baik sebelumnya, bukan orang asing.

5. Nextdoor

Ini adalah aplikasi social media yang bertujuan agar user berinteraksi dengan tetangga sebelah rumahnya, sesuai dengan nama aplikasinya. Cara joinnya agak rumit, di mana user harus mengetahui lokasi rumah dan lingkungannya. User akan dimintai verifikasi alamat rumah. Aplikasi ini umendorong user untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar lingkungan rumah.

diambil dari :

http://ictwatch.com/internetsehat/2012/12/05/ini-dia-5-social-media-privat/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s