Pelajaran dari Lady Gaga untuk Presentasi Anda

Siapa di jagad raya ini yang tidak kenal Lady Gaga?  Dilahirkan dengan namaStefani Joanne Angelina Germanotta, musisi berusia 25 tahun ini mencapai puncak kejayaannya pada tahun 2010 lalu.  Bahkan di dunia maya pun, seorang Lady Gaga mempunyai 14 juta follower di twitter saat ini dan 43 juta follower di facebook.   Wow! 43 juta follower di facebook, artinya lebih besar dari jumlah pengguna facebook di Indonesia yang diperkirakan mencapai 39 juta.

Lalu, apa hubungannya Lady Gaga dengan presentonomics?  Jangan berpikir kami akan menyajikan hasil wawancara dengan Lady Gaga disini :) Tentu saja, secara personal bahkan belum pernah bertemu secara langsung.  Tapi kejeniusan seorang Lady Gaga, tidak hanya dalam hal musik, tapi juga personal branding dan bagaimana mempresentasikan dirinya dengan baik di hadapan publik penggemarnya.  Untuk itu, setelah melalui proses analisa, pembelajaran, mencermati langkah-langkah Lady Gaga, kami menyimpulkan paling tidak ada 5 hal yang bisa dipelajari dari Lady Gaga untuk meningkatkan kemampuan presentasi kita.  Tanpa panjang lebar, mari kita simak tips berikut.

1. Timing is Everything

Bagi yang sering menonton video klip Lady Gaga, salah satunya ada di link inihttp://www.youtube.com/watch?v=EVBsypHzF3U&ob=av2e .  Dalam setiap penampilannya, Lady Gaga sangat memperhatikan timing.  Dia tahu kapan harus beraksi, kapan harus “paused”, kapan harus menunjukkan semuanya di saat yang tepat.

Sama seperti presentasi, timing pun sangat penting.  Bicara terus tanpa memperhatikan timing, kapan harus membuka dengan fakta yang mengejutkan, kapan harus menutup dengan cerita yang menghayutkan, adalah sia-sia.  Jadi aturlah plot dari presentasi anda, dengan timing yang tepat.

2. Details is matter

Mengagumi karya Lady Gaga, tentunya tidak hanya dari sisi keindahannya.  Keindahan yang ditampilkan oleh Lady Gaga, berkat penguasaan detail dari setiap karyanya.  Detail yang ditampilkan oleh Lady Gaga dalam bentuk penampilannya, efek visual, skenario dan plot diatur begitu apik sehingga memberikan tontonan yang menakjubkan untuk penggemarnya.

Dalam merancang sebuah presentasi, tentunya detail pun harus diperhatikan biarpun presentasi yang kita buat itu “simple”.  Detail dari presentasi biasanya menyangkut kesesuaian antara tema, konten, story dan design dari presentasi tersebut.  Tanpa semua elemen itu, presentasi kita akan terasa hambar sekali.  Pemilihan tema yang tepat, dipadukan dengan pemilihan font, warna, gambar, tata letak dan flow dari suatu presentasi akan menghantarkan emosi yang tepat.  Untuk itu, penguasaan detail disini sangat penting sekali.

3.  Give’ em “Magic”

Audience tidak perlu tahu seberapa rumitnya atau seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk melakukan R&D (Research & Development) terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.  Tampilkan dengan sederhana, seolah-olah semuanya adalah “Magic”.  Seorang pesulap selalu menampilkan triknya dengan rapi, seolah-olah terlihat mudah sekali untuk melakukannya.

4.  Be Different

Kebanyakan presentasi sampai saat ini penuh dengan “bullet points”, yang alhasil sangat membosankan.  Anda ingin presentasi anda diingat? Jadilah seperti Lady Gaga yang selalu tampil beda tapi konsisten.  Dengan berbeda tentunya presentasi anda pun menjadi “remarkable”.  Di saat kebanyakan presentasi masih dengan style “bullet points”, gunakan presentasi yang lebih visual.  Bahkan jika anda sudah terbiasa dengan presentasi yang lebih visual seperti “presentonomics” pun, masih bisa tampil beda lagi dengan menggunakan beberapa style seperti sketch, big typo, two color, dll.

5.  Quality over quantity

Lady Gaga tidak terlalu sering mengeluarkan album baru, namun begitu rilis album baru pasti langsung HITS.  Sama halnya dengan presentasi, quality jauh lebih penting daripada quantity.  Jangan penuhi presentasi anda dengan kata-kata yang tidak penting.  Jangan penuhi presentasi anda dengan terlalu banyak istilah yang tidak umum, hanya supaya keliatan keren.  Kualitas pesan yang anda sampaikan jauh lebih penting daripada jumlah pesan yang anda sampaikan.

Let your presentation “Born This Way”

Seperti albumnya Lady Gaga (Born This Way), marilah kita mengambil pelajaran dari sang master of stage Lady Gaga.  Tentu saja ada hal yang kontroversial dari seorang Lady Gaga, namun paling tidak ada pelajaran yang bisa kita petik.  Semoga dapat kita ambil yang baiknya bersama.  Mari kita menjadi presenter yang lebih baik lagi.

diambil dari :

http://presentonomics.com/5-pelajaran-dari-lady-gaga-untuk-presentasi-anda/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s