Catatan Milad 3 TDA ( hari pertama )

Tulisan ini dimuat di facebook saya tgl.  02/03/09

Milad III TDA ( Tangan Di Atas ) tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2009 kemarin di Gedung BPPT, Jakarta kemarin sungguh berkesan bagi saya. Bagaimana tidak komunitas online ini tumbuh dg sangat cepat dan anggotanya tersebar diseluruh Indonesia bahkan luar negri. Dari catatan panitia jumlah peserta Milad kali ini sekitar 980 peserta.

Dalam blog Yuswohady (Chief Executive of MarkPlus Institut of Marketing) menyebut TDA sebagai Value-Creating Community. kewirausahaan bisa berkembang secara horisontal ? dengan kolaborasi bernilai melalui ( social networking ) Web 2.0 . Inilah cara baru memulai usaha dengan berjejaring dengan pewirausaha lainnya dan menjadi TDA sebagai salah satu community yang disegani di Indonesia.

Saya sendiri tak menduga bahwa komunitas ini terdiri dari berbagai usia, latar belakang yang berbeda dan juga sebagian besar peserta / member TDA itu sendiri masih berstatus TDB dan juga amphibi ( seperti saya ). Mereka semua sama berkeinginan secepatnya menjadi TDA dg alasan masing2.

Mendekati Milad III TDA panitia merubah namanya menjadi Festival Entrepreneur Indonesia 2009 yang menurut pendirinya Bp. Rony Yuzirman agar dapat menjadi inspiring, motivating, educating, rewarding, celebrating dan challenging…

Rasanya saya sendiri menjadi termotivasi utk terus bergabung dg komunitas ini sesuai dg visi dan misi TDA sendiri dg taglinenya : BERSAMA MENEBAR RAHMAT dan TDA itu sendiri merupakan perwujudan dari keyakinan kami bahwa menjadi Tangan Di Atas itu lebih mulia dari pada Tangan Di Bawah.

Milad kali ini berisi seminar/diskusi dan juga pameran dari member TDA sendiri. Yang menarik bagi saya seminar/diskusi ini sangat powerful dan menyentuh semua aspek bisnis yg berkembang saat ini dan sangat bernuansa spiritual yang disampaikan secara universal.

Berikut catatan penting saya dan yang berkesan bagi saya,

1.Dari sesi Pak Nukman Luthfie,( virtual consulting ), kalau pebisnis online itu harus segera menyederhanakan situs bisnisnya hingga menjadi satu langkah. Karena katanya setiap langkah yang diklik oleh calon prospek akan mengurangi kemungkian mereka untuk membeli. ( hmmmm mesti artinya bagi saya rancangan yang telah dibuat mesti diperbaiki lagi,,, )

2. Pilar consulting, ini sesi yang sangat menyentuh sekali, disampaikan secara spiritual dgn konsep EVA Power. Intinya bahwa kegagalan bisnis dan apapun yang terjadi pada bisnis anda saat ini adalah akibat perbuatan kita sendiri. Technology, Innovation and Management hanya berpengaruh 25 % atas keberhasilan yang perlu diintropeksi dan ditingkatkan adalah Ritual (Shalat dll), Relation (hubungan sesama manusia, Faith dan Contribution (amal sedekah).

3. Mutia Prihartini, Action Coach Indonesia, sesi ini membahas Still Growth, yang menitikberatkan pembenahan Internal unit bisnis, dan memaksimalkan potensi internal ( sayang sekali beberapa peserta Milad 3 TDA yg berada dekat saya sibuk dengan networking mereka sehingga sedikit mengganggu saya,,, mohon maaf kalau ini perlu saya sampaikan )

4. Yuswohady (Chief Executive of MarkPlus Institut of Marketing) penulis buku Crowd Marketing become Horizontal ini menuturkan bahwa World is so flat, bahwa penggunaan Web 2.0 merupakan wajib hukumnya pagi para marketer dan nantinya konsumenlah yang akan menjadi pembela dari produk tersebut.

5. Yoris Sebastian ( OMG Creative Consulting ), ia lebih banyak mengupas sisi Logo and Branding, pemaparannya lebih komunikatif dibandingkan dan mengena ttg caranya membuat Branding sbh produk.

Selanjutnya acara ini juga menghadirkan diskusi dg beberapa TDA yg telah sukses, baik yg memulai dari TDB maupun dr para member yg langsung memutuskan jadi TDA. sungguh keberanian yg luar biasa,

anyway, Milad tsb juga banyak menginspirasi saya ttg Entrepreneur, bhw Entrepreneur itu juga termasuk penyakit menular dan kesuksesan itu bisa ditularkan, banyak bahkan sebagian besar dari member TDA sedang terjangkit penyakit tsb, baik yang TDB maupun Amphibi, berita baiknya bahwa mereka yg sukses mau men-share pengalaman dan ilmu mereka, sesuai dg tag-nya TDA : BERSAMA MENEBAR RAHMAT, smoga saya bisa mengikuti mereka.

Leave a Reply

